Kegiatan

Antisipasi Aksi Teror, Detasemen Gegana Brimob Jambi Latihan Wanteror

Selasa, 30 Juni 2020 12:57 WIB

JAMBI - Untuk mengantisipasi terjadinya aksi teror, Unit Wanteror Detasemen Gegana Satbrimob Polda Jambi melaksanakan Latihan kemampuan perlawanan teror (wanteror) di Lapangan tembak Makosat Brimob Polda Jambi, Selasa (30/6/2020). Komandan Unit II Wanteror Detasemen Gegana, Iptu Berlin Tarigan menjelaskan bahwa latihan ini untuk melatih kemampuan anggota dan meningkatkan kewaspadaan.

"Latihan ini untuk meningkatkan kemampuan unit anti teror dalam menghadapi situasi teror, baik ancaman teror langsung pada objek maupun disertai penyanderaan," ucap Iptu Berlin.

Sehingga dengan latihan ini bisa mengasah kemampuan anggota jika sewaktu-waktu ada ancaman teror. Materi latihan yang dilakukan diantaranya, Menembak berjalan dan reload, Menembak dengan transisi dari senjata primer ke sekunder, Pengenalan teror, Latar belakang teror dan perkembangan teror.

"Selanjutnya kepada anggota yang melaksanakan latihan juga diberikan materi langkah taktis, gerak dan giat personil unit anti teror, dalam pelaksanaan tugas," terang Berlin.

Setelah itu, anggota latihan diberikan materi formasi unit wanteror, yakni kemampuan unit anti teror dalam menghadapi situasi teror, baik ancaman teror langsung pada objek maupun yang disertai adanya penyanderaan.

Ditambahkan, para anggota juga diberikan latihan dasar CQB (Close Quarter Battle), yaitu latihan pertempuran jarak dekat, berupa aksi unit wanteror terhadap pelaku teror bersenjata yang berhadapan langsung dan mengancam jiwa pada suatu tempat.

Latihan ini dipimpin oleh Bripka Totonafo Lase dan didampingi oleh Bripka Opan Sopandi dan diikuti oleh seluruh personil Unit Wanteror Detasemen Gegana Satbrimob Polda Jambi.