Kegiatan

Dansat Brimob Kaltim : Edukasi Terus Warga Patuhi Protokol Kesehatan Hadapi New Normal

Kamis, 04 Juni 2020 05:51 WIB

KALTIM, Kota Balikpapan – Dalam upaya pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19, keterlibatan semua pihak dalam melakukan upaya terpadu sangatlah dibutuhkan. Seperti halnya yang dilakukan Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim.

Pada Kamis dinihari (4/6/2020), Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK menurunkan perintah ke Batalyon jajarannya untuk melakukan patroli pada jam rawan sekira pukul 23.00 s/d 05.00 Wita untuk sampaikan imbauan agar masyarakat yang masih nongkrong mematuhi protokol kesehatan, dengan rajin cuci tangan, selalu memakai masker serta memperhatikan physical distancing atau menjaga jarak sosial dengan orang lain.

“Terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan, bukan untuk keselamatan diri kita, namun juga untuk keselamatan orang sekitar kita dan masyarakat luas. Ajak masyarakat untuk membudayakan kebiasaan cuci tangan, memakai masker dan memperhatikan physical distancing,” ungkap Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK.

Ia menerangkan, bahwa sebagai bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kaltim, semua pihak tentu ikut bertanggung jawab dalam melakukan edukasi kepada masyarakat, menanamkan kedisiplinan terhadap masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan tersebut.

Bencana kesehatan pandemi virus corona atau lebih dikenal dengan Covid-19 ini, tentunya tidak akan bisa hilang begitu saja, dimungkinkan akan berkepanjangan namanya wabah penyakit yang disebabkan virus ini.

“Dalam hal ini guna mengantisipasinya kita harus memiliki kekuatan jangka panjang juga, dan kekuatan itu adalah sumberdaya masyarakat yang memiliki tingkat kedisiplinan tinggi dalam mematuhi protokol kesehatan,” sebut John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Perkembangan permasalahan sekitar pandemi Covid-19 dari waktu ke waktu, tentunya menjadi bahan evaluasi pemerintah dan semua pihak di tingkat Kota serta terus menurun di tingkat kecamatan dan seterusnya.

“Terkait upaya-upaya lanjutan yang harus dilakukan, kita tidak mungkin selamanya terbelenggu seperti ini, dan jalan solusinya tidak lain adalah membentuk masyarakat dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi terhadap protokol kesehatan,” tegas John Huntal Sarjananto Sitanggang.

“Untuk itu pada kesempatan ini, saya tidak bosan-bosannya selalu mengajak kepada semua pihak dan seluruh lapisan masyarakat, mari kita disiplinkan diri untuk mematuhi protokol kesehatan, jaga kesehatan diri kita dengan berolahraga teratur, makan makanan bergizi, istirahat yang cukup serta mari kita merubah kebiasaan kita dengan rajin mencuci tangan, memakai masker dan menjaga physical distancing, yang dikatakan sebagai new normal atau kehidupan normal baru dengan patuh pada protokol kesehatan,” pungkas Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Untuk diketahui, dalam upaya membantu sesama masyarakat yang terdampak akibat Covid-19 ditengah pandemi yang saat ini dihadapi bangsa Indonesia, Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, S.I.K., memerintahkan jajarannya mendirikan Dapur Lapangan Brimob Kaltim guna menyalurkan bantuan sosial berupa masakan siap saji dengan harapan meringankan sedikit beban masyarakat sebagai wujud Bakti Brimob Kaltim untuk masyarakat.