Info

Personel Brimob Ikut Bergabung FPU Indonesia Dalam Misi PBB

Rabu, 21 Februari 2018 04:02 WIB

Perjalanan 140 personel FPU 10 Indonesia untuk menjadi seorang pasukan penjaga perdamaian dunia dibawah naungan PBB tidaklah mudah. Diawali dengan proses rekrutmen secara terbuka di awal tahun 2017. Dari rekrutmen terbuka tersebut, dipanggil sekitar 300an anggota terbaik untuk mengikuti seleksi, diantaranya adalah tes Kesehatan, Psikologi, Wawancara Psikologi, Bahasa Inggris, Wawancara Bahasa Inggris, Menembak, Mengemudi, Jasmani serta seleksi Support. Seleksi support meliputi kemampuan Water Treatment, TI, AC, Genset, Ranmor dan Manage / Koki. Dari hasil seleksi, diperoleh 154 orang personel yang memenuhi syarat dan layak untuk mengikuti kegiatan Latpraops.

Pada 17 Juli 2017, Kelompok Komando mengikuti pelatihan bahasa Inggris dan Arab di Sebasa Polri selama 2 bulan. Selanjutnya Pokdo mendapat pelatihan TOT Platina di Akpol Semarang. Pelatihan TOT Platina untuk FPU 10 merupakan yang pertama kali diselenggarakan namun instruktur dan pelatih merupakan jebolan Co ESPU. Adapun  materi yang dilatihkan sesuai dengan standar PBB. Ditempat lain, pasukan taktis maupun support mendapat pelatihan sesusai dengan bidang tugasnya masing-masing di beeberapa tempat berbeda seperti Pusdik Lantas, RS Polri, Le Meridien Resto, dll.

Memasuki bulan November 2017, dilaksanakan Latpraops gabungan 154 personel terpilih. Adapun kegiatan latpraops meliputi materi-materi tugas dilapangan serta penguatan fisik tiap-tiap personel. Pelatihan materi tugas dilapangan antara lain VVIP Escort, Convoi, Check Point, POM dan CQB. Seluruh kegiatan latpraops ditutup dengan tradisi upacara pembaretan di Pantai Tanjung Pasir, Tangerang.