Pasukan Gegana

Setia, Tabah, Waspada

Pasukan Gegana

Satuan I Gegana adalah bagian dari POLRI yang tergabung dalam Brigade Mobil (brimob) yang memiliki kemampuan khusus seperti anti teror, penjinakan bom, intelijen, anti anarkis, dan penanganan KBR (Kimia, Biologi, Radio aktif).

Dalam perjalanan sejarahnya, Gegana berhasil mengukuhkan keberadaannya sebagai satuan khusus Polri mampu menangani tugas-tugas berkadar tinggi. Beberapa tugas yang telah berhasil dilaksanakan oleh satuan ini antara lain Konflik Aceh, Penangkapan teroris Poso, penjinakan bom, dan lain-lain.

Personel Gegana dalam melaksanakan tugas seringkali tidak diberitahukan identitasnya secara luas untuk menjaga kerahasiaan, keamanan, Keselamatan Pribadi dan keluarga.

Gegana tergabung dalam Pusat Pengendalian Krisis ("Pusdalsis") BNPT yang terdiri dari gabungan antara satuan-satuan khusus, seperti Detasemen Khusus 81 (Penanggulangan Teror) dari TNI-AD, Denjaka dari TNI-AL, dan Detasemen Bravo 90 dari TNI AU. Pusdalsis yang terdiri dari gabungan satuan-satuan elit TNI-POLRI ini ditugaskan sebagai pasukan penanganan terror untuk dikirim bila terjadi aktifitas terrorisme seperti Pembajakan pesawat.

 

TUGAS POKOK 

  • MELAKSANAKAN STERILISASI TKP ANCAMAN , TEMUAN, DAN LEDAKAN BOM SERTA OBJEK / VVIP
  • MELAKSANAKAN PENJINAKAN / PENANGANAN BOM
  • MENYATAKAN TKP BOM STERIL DAN AMAN
  • DAN MELAKSANAKAN DISPOSAL

FUNGSI 

  • DALAM RANGKA MEMELIHARA KEAMANAN DAN KETERTIBAN MASYARAKAT KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA MELALUI FUNGSI BRIMOB (JIBOM) DITUNTUT UNTUK MEMILIKI KEMAMPUAN TEKNIS DAN TAKTIS YANG CEPAT, EFEKTIF, DAN EFISIEN SERTA PROFESIONAL GUNA MENCEGAH DAN MENANGANI ANCAMAN TEROR BOM DAN BAHAN PELEDAK YANG TERJADI DI MASYARAKAT
  • SEBAGAI SATUAN ELIT POLRI YANG MEMILIKI KEMAMPUAN SPESIFIKASI PENANGGULANGAN BAHAN PELEDAK / BOM, GANGGUAN KEAMANAN DALAM NEGERI YANG BERKADAR TINGGI DAN PENYELAMATAN MASYARAKAT YANG DIDUKUNG OLEH PERSONIL TERLATIH DAN MEMILIKI LEADERSHIP YANG SOLID, PERALATAN , PERLENGKAPAN DENGAN TEKNOLOGI MODERN
Satuan Terkait
10 Foto

Galeri Foto

Selengkapnya
4

Bulletin

Selengkapnya
Link Satuan