Fokus

Penerapan Protokol Kesehatan Pada Giat Binrohtal Satbrimob Polda Sulteng

Kamis, 11 Juni 2020 12:38 WIB

Palu - Menjaga kualitas mental melalui pembinaan rohani dan mental (Binrohtal) rutin adalah kewajiban yang harus dilaksanakan secara rutin pada setiap fungsi di kepolisian negara republik Indonesia. Binrohtal yang terprogram dan terlaksana dengan baik akan menghasilkan output berupa kesehatan mental dan tubuh yang berpengaruh pada proses pengambilan keputusan dan pemeliharaan kinerja sesuai beban kerja yang dibebankan pada masing-masing individu.

Bagi Satuan Brimob Polda Sulteng, sebagaimana satuan Brimob dan satker Polri lain pada umumnya harus mampu beradaptasi terhadap perubahan lingkungan. Salah satu perubahan lingkungan dan kodisi kerja adalah penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Covid-19 di masa pandemi.

Seluruh kegiatan tetap berjalan namun dengan perubahan pada sistem dengan beradaptasi pada situasi baru. Pada kegiatan Binrohtal di Satuan Brimob Polda Sulteng penerapan protokol kesehatan dilaksanakan dengan ketat. Kegiatan dimulai dengan kewajiban mencuci tangan, kewajiban menggunakan masker dan menjaga jarak minimal 1 (satu) meter antar personel. Tidak jarang, jika dianggap perlu, personel diwajibkan untuk membawa alat binrohtal masing-masing untuk mencegah pertukaran sentuhan pada permukaan benda.

"Kita harus mengutamakan menjaga kesehatan personel selagi hal itu bisa dilaksanakan secara tepat dan terukur" Ujar Plt. Kasubagrenmin Satbrimob Polda Sulteng Iptu Umar Ali Syaifuddin "Sesuai petunjuk pimpinan bahwa segala bentuk pembinaan termasuk latihan-latihan rutin dan binrohtal tetap berjalan sesuai program yang telah ada namun tetap dengan penerapan protokol kesehatan penyebaran virus Covid-19" tutupnya.

Selain binrohtal, secara umum seluruh kegiatan yang sudah terprogramkan tetap terlaksana dengan penerapan ketat protokol kesehatan dimaksud.

"Kita harus mengedepankan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Kita tidak mengenal hari libur begitupun mundur ketika dihadapkan pada situasi tugas. Disaat pandemi seperti sekarang inilah kehadiran kita memiliki esensi luarbiasa. Kita harus senantiasa mempersiapkan diri dengan latihan dan latihan dan pembinaan yang baik. Jangan sampai ilmu dan kemampuan yang kita miliki hanya tersisa pada lidah saja dengan ucapan "dulu". Negara membutuhkan kita untuk selalu berada pada garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban" Ujar Dansat Brimob Polda Sulteng AKBP Ronny Lumban Gaol, SIK.