Peristiwa

Tim SAR Gabungan Evakuasi KM. Sinar Jaya Yang Mengalami Mati Mesin

Rabu, 14 Agustus 2019 10:08 WIB

Tim Search and Rescue (SAR) gabungan dari Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Maluku bersama Tim Basarnas, Polres Maluku Tenggara dan Perhubungan Kota Tual, pada hari Senin tanggal 12 Agustus 2019 bertolak dari pelabuhan perikanan Kota Tual menggunakan kapal KN. Bharata 242 milik Basarnas untuk melakukan pencarian terhadap kapal nelayan KM. Sinar Jaya yang mengalami mati mesin.

Setelah melakukan pencarian selama kurang lebih 2 jam, Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan KM. Sinar Jaya di perairan Tanjung Burung Kecamatan Kei Besar dan langsung melakukan evakuasi terhadap 13 awak kapal.

 KM. Sinar Jaya merupakan kapal nelayan yang berasal dari Indramayu Jawa Barat yang sedang menuju Tual. Pada Minggu malam, Nahkoda KM. Sinar Jaya sempat melaporkan kondisi kapal yang mengalami mati mesin, selanjutnya Tim SAR gabungan langsung melakukan pencarian.

Sebelum ditemukan KM. Sinar Jaya sempat terombang-ambing di tengah laut selama 13 jam, karena ombak yang tinggi Tim SAR lalu mengikat KM. Sinar Jaya untuk di Tarik ke Pelabuhan Kilwaer Kei Besar.