Info

Hari ke - 9 PSBB Gowa, Detasemen Gegana Laksanakan Patroli Gabungan di Kab. Gowa

Rabu, 13 Mei 2020 04:28 WIB

Hari ke sembilan berlakunya PSBB di Kabupaten Gowa, Personel Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Sulsel BKO Polres Gowa yang tergabung dalam Petugas Pengamanan PSBB Kabupaten Gowa kembali terlibat dalam Patroli malam gabungan.

Patroli gabungan ini terdiri dari TNI (Gabungan Personel Kodim 1409 dan Patmor Yon Raider 700), Polri (Personel Sabhara Polres Gowa diback up Satuan Brimob Polda Sulsel) dan Satpol PP Gowa serta Ormas yang dipimpin langsung oleh Kapolres Gowa AKBP Boy FS Samola, S.I.K., M.H., Selasa (12/5/2020).

Patroli Gabungan yang dimulai pukul 21.00 wita ini bertujuan untuk menertibkan serta menindak warga dan toko yang masih beraktifitas diatas jam 9 malam selama PSBB di Kabupaten Gowa berlaku. Selain itu, patroli ini juga bertujuan untuk memberikan efek jera kepada warga yang masih berkeliaran tanpa menggunakan masker dan beraktifitas diatas jam 9 Malam. Untuk tempat usaha / toko yang masih beroperasi diatas jam 9 malam diberikan teguran dan dibuatkan pernyataan untuk tidak lagi menjalankan aktifitas tokonya di atas jam 9 malam.

"Selain menertibkan warga yang keluar tidak memakai masker dan masih beraktifitas diatas jam 9 malam, kita juga menegur dan membuatkan pernyataan kepada tempat usaha / toko yang masih melanggar jam malam dalam aturan PSBB" ungkap Ipda Cahyadi, S.H., M.H selaku Komandan Unit personel Detasemen Gegana BKO Polres Gowa.

Patroli gabungan malam ini dibagi menjadi 3 Tim. Tim 1 dipimpin AKP Mansur, S.H, M.H., Tim 2 dipimpin Kompol Tamba Hamid, S.Sos dan Tim 3 dipimpin langsung Kapolres Gowa AKBP Boy FS Samola, S.I.K., M.H.

Hasilnya, masih banyak warga dan pemilik toko yang diamankan oleh patroli gabungan malam ini. Ipda Cahyadi mengatakan bahwa semua warga yang diamankan dikarenakan tidak taat dengan aturan PSBB.

"Kita amankan karena keluar rumah tanpa menggunakan masker serta keluyuran dan masih beraktifitas ditokonya diatas jam 9 malam" ucap perwira berpangkat satu balok itu.

"Warga yang diamankan malam ini akan menjalani pengecekan suhu badan dan rapid test. Bila mana hasilnya ada yang reaktif terhadap virus corona maka akan di serahkan langsung ke Tim Gugus Covid - 19 Kabupaten Gowa" tambahnya.

Lanjut, Ipda Cahyadi mengatakan "sama halnya beberapa malam yang lalu, warga yang diamankan hasil rapid testnya menunjukkan reaktif terhadap virus corona sehingga langsung diserahkan ke Tim Gugus Covid - 19 Kabupaten Gowa." Pungkasnya

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah Komandan Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Sulsel Kompol Sahruna Nasrun, S.E., M.M membenarkan kegiatan patroli gabungan semalam melibatkan Personel Gegana yang BKO di Polres Gowa.

"Iya, semalam personel kita (Den Gegana) terlibat dalam patroli malam menindak warga yang tidak menaati aturan malam selama penerapan PSBB di Kabupaten Gowa." Tuturnya