Fokus

Penerapan Face Recorgnition Pada Operasi Drone Brimob

Kamis, 21 December 2023 08:23 WIB

Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi (BID TIK) Korbrimob Polri, sudah banyak melaksanakan Operasi Aerial Tactical Surveillance menggunakan pesawat tanpa awak, atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV), seperti pernah dilaksanakan di daerah operasi Poso dan Papua, Operasi pencarian Kapal Narkoba di Aceh dan Banten, Pengamanan KTT G-20 di Bali, Pengamanan Even H2O di Danau Toba Sumatera Utara, Pengamanan Asean Summit di Laboan Bajo, pengamanan even MotoGP di Mandalika Lombok, dan masih banyak lagi.

Namun masih terdapat permasalahan belum adanya system analisis data hasil surveillance dari operasi penerbangan pesawat tanpa awak tersebut secara realtime dan masih dilakukan secara manual.

Agar hasil Aerial Tactical surveillance dari operasi penerbangan pesawat tanpa awak brimob ini, dapat di analisa secara realtime, maka perlu mengintegrasikan sistem video Live Streaming dari operasi penerbangan pesawat tanpa awak Brimob, dengan sistem Artificial Intelligence yang berada di Data Center DIV TIK Mabes Polri.

 

Analisis video atau foto, dapat berupa pengenalan wajah, atau Face Recognition, di mana sistem Artificial intelligence dapat menganalisis wajah sesuai dengan data kependudukan yang terhubung secara real time dengan database Dukcapil. Dashboard aplikasi video live streaming dan hasil analisis dapat di tampilkan pada command center Polri dimanapun berada.

Dengan terintegrasinya sistem ini, maka diharapkan hasil analisis video Aerial Tactical Surveillance dari operasi penerbangan pesawat tanpa awak Brimob, menjadi lebih akurat, cepat, efektif dan efisien.

Tentunya sistem ini tidak hanya dapat di manfaatkan oleh organisasi internal Korbrimob namun lebih jauh dari pada itu, sistem ini dapat dimanfaatkan oleh organisasi Polri dalam melaksanakan operasi pengamanan terutama dalam tugas pemantauan dan pengintaian, bahkan sistem ini juga dapat di manfaatkan oleh organisasi diluar Polri yang dalam tugasnya melaksanakan fungsi pengintaian dan pemantauan.