Info

Perayaan Hari Raya Qurban (Idul Adha) di Korbrimob Polri

Senin, 12 Agustus 2019 01:08 WIB

Hari raya Idul Adha merupakan hari yang sangat istimewa bagi umat Islam di dunia, dimana diperingati peristiwa qurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim yang bersedia untuk mengorbankan putranya Nabi Ismail, kemudian sembelihan itu digantikan oleh Allah SWT dengan domba.

Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah atau 70 hari setelah perayaan Hari raya Idul Fitri. Pusat perayaan Idul Adha adalah sebuah desa kecil di Arab Saudi yang bernama Mina, dekat Mekkah. Di sana ada tiga tiang batu yang melambangkan Iblis dan harus dilempari batu oleh umat Muslim yang sedang naik Haji. Idul Adha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Terkadang Idul Adha disebut pula sebagai Idul Qurban atau Lebaran Haji.

Bertempat di lapangan Mako Korbrimob Polri, pada hari Minggu (11/8) dalam rangka memperingati hari raya Idul Adha 1440 H, telah diselenggarakan sholat berjamaah yang di ikuti oleh seluruh anggota dan keluarga serta masyarakat sekitar Kesatrian Amjiattak. Pada kesempatan itu pula turut hadir Komandan Korps Brimob Polri Irjen Pol. Drs. Anang Revandoko beserta para Pejabat Utama Korbrimob Polri.

Dalam sambutannya Dankor Brimob Polri mengajak kepada seluruh jamaah sholat Idul Adha untuk memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Tuhan yang maha kuasa yang telah menolong kearah kebaikan terhadap hamba-hambanya yang senantiasa berbuat kebajikan.

Irjen Pol. Drs. Anang Revandoko juga menyampaikan dalam rangka turut melaksanakan syiar-syiar Islam, pada perayaan Idul Adha tahun ini Polri mengambil tema “Dengan Nilai Ibadah Qurban Kita Tanamkan Semangat Dan Ketulusan Dalam Rangka Pengabdian Kepada Bangsa Dan Negara”, untuk itu dengan ibadah sholat Idul Adha 1440 Hijriyah diharapkan mampu menunjukkan eratnya jalinan Ukhuwah Islamiyah penuh keikhlasan antara sesama umat Islam, khususnya warga Kesatrian Amjiattak dan warga masyarakat dilingkungan Kelapadua Depok, Jawa Barat.

Mengakhiri sambutannya Dankor Brimob Polri mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh anggota Korps Brimob Polri dan keluarga serta seluruh masyarakat yang telah menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga lingkungan menjadi tentram dan damai.

Usai melaksanakan sholat Idul Adha yang dipimpin oleh Imam KH. Masrur Ahmadi Alhafidz, selanjutnya Komandan Korps Brimob Polri Irjen Pol. Drs. Anang Revandoko beserta para Pejabat Utama menyaksikan acara penyembelihan hewan qurban yang dilaksanakan di halaman Masjid Agung Korbrimob Polri.